Konggres Pertama HITPI Bali 2012

Kongres I HITPI diselenggarakan pada hari Selasa, 18 September 2012. Kongres dibagi menjadi 2 komisi yaitu Komisi I yang diketuai oleh Nafiatul Umami (Universitas Gajah Mada), membahas bidang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HITPI dan Komisi II diketuai oleh Mansyur (Universitas Padjadjaran), yang membahas Garis-garis Besar Program Kerja HITPI. Setelah pembahasan di masing-masing komisi kemudian Kongres dilanjutkan ke sidang paripurna yang dipimpin oleh Dr. Ir. Luki Abdullah, MSc. (Institut Pertanian Bogor) dan dua orang anggota yaituProf. Dr. Ir. I Wayan Suarna, M.S. (Universitas Udayana) dan Prof. Dr. Ir. Dwi Retno Lukiwati MS. (Universitas Diponegoro). Tujuannya untuk mendapatkan berbagai masukan dan persetujuan dari seluruh peserta kongres tentang hasil sidang di masing-masing komisi serta pembahasan tentang pemilihan pengurus HITPI.

Sidang paripurna Kongres I HITPI telah menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HITPI, Garis-Garis Besar Program Kerja HITPI, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) HITPI, dan bahkan telah berhasil pula menetapkan Ketua Pengurus Wilayah HITPI yakni sebanyak 6 Pengurus Wilayah HITPI di Indonesia.

Ketua Umum PP HITPI terpilih secara aklamasi adalah Dr. Ir. Luki Abdullah, MSc (Iinstitut Pertanian Bogor) yang didampingi sekretaris Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, M.S. (Universitas Udayana).

Pengurus Wilayah (PW) yang dibentuk adalah:

  1. PW Sumatera dengan ketua Rahmi Dianita (Universitas Jambi),
  2. PW Jawa-Madura sebagai ketua Prof. Dr. Ir. Dwi Retno Lukiwati MS. (Universitas Diponegoro),
  3. PW Kalimantan sebagai ketua Suharlina (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur),
  4. PW Sulawesi sebagai ketua Prof. Dr. Ir. Charles L. Kaunang, MS (Universitas Sam Ratulangi).,
  5. PW Bali-Nusra sebagai ketua Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, MS., (Universitas Udayana) dan
  6. PW Papua sebagai ketuanya adalah Ir. Diana Sawen (Universitas Negeri Papua).