Seminar Nasional III HITPI Bukit Tinggi 27-29 Oktober 2014

Seminar Nasional III HITPI yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Oktober 2014 telah berjalan dengan lancar.  Seminar dihadiri lebih dari 150 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, utusan lembaga penelitian dan instansi pemerintah.  Direktur Pakan Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan tim hadir dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dari hari pertama hingga terakhir.  

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Peternakan Universitas Andalas ini berlangsung lancar dan penuh dengan kehangatan. Pada tanggal 27 Oktober 2014, peserta seminar mendapatkan undangan makan malam dari pemerintah Bukit Tinggi yang diselenggarakan di Istana Bung Hatta.  Ragam tari-tarian khas daerah turut memeriahkan suasana malam yang dingin.

Pada hari kedua, sesi pleno menghadirkan pembicara Dr.Ir. Mursyid Ma’sum, Ir. M. Agus Setiana MS, Dr. Jacob Nulik, drh. Erinaldi MM, Ir. Triastuti Andajani MSi dan Dr.Ir. Suyitman MS sebagai pembicara utama. Pada sesi paralel dipresentasikan 48 makalah yang berasal dari berbagai PTN/PTS dan Lembaga Penelitian Peternakan di Indonesia. Pemaparan makalah pada sesi paralel terbagi dalam empat kelas, yaitu: Hijauan Pakan; Nutrisi Ruminansia dan Sosial Ekonomi; Agrostologi; Serta Pasture, Hijauan Pakan dan Agrostologi.

Pada hari ketiga, peserta berpartisipasi aktif dalam field trip ke BPTU Padang Mangatas, Payakumbuh. Peserta mendapat kesempatan menanam berbagai pohon buah di sepanjang jalur padang penggembalaan.  Acara diakhiri dengan makan bersama dengan wakil walikota di sebuah rumah makan padang.