Seminar Nasional Peluang Bisnis dan Utilitas Tumbuhan Pakan Tropik

Target pemerintah Indonesia yang merencanakan tercapainya swasembada daging pada tahun 2014 secara langsung berimplikasi kepada tercapainya pemenuhan produksi daging asal ternak terutama ternak ruminansia besar seperti sapi. Peningkatan produktivitas ternak ruminansia membawa konsekuensi logis dibutuhkannya ketersediaan pakan hijauan yang berkualitas sebagai sumber pakan utama ternak ruminansia. Sementara saat ini perhatian terhadap keberadaan tumbuhan penghasil hijauan pakan masih sangat kurang.

Daging tidak hanya tersedia dari ternak ruminansia tetapi juga dari ternak nonruminansia, hewan, dan aneka ternak lainnya. Demikian pula halnya dengan tumbuhan pakan, tidak saja untuk ternak ruminansia juga untuk ternak nonruminansia dan hewan atau aneka ternak lainnya. Selain sebagai penyedia hijauan atau bahan pakan utama untuk ternak, tumbuhan pakan juga memiliki beragam manfaat (multiguna) antara lain: sebagai sumber plasma nutfah, penyedia hijauan pakan, tumbuhan penutup tanah (cover crop), konservasi DAS, mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, mencegah banjir dan erosi, bahan industri kerajianan rumah tangga, dan pengisi lansekap pertamanan, media jalan, lapangan golf, dan untuk obat-obatan.

Mengingat pentingnya peranan tumbuhan pakan maka dilaksanakanlah seminar nasional sebagai ajang tukar pikiran dan ilmu  pengetahuan serta ipteks diantara para peneliti dan praktisi untuk pengembangan tumbuhan pakan ke depan. Sebagai wujud komitmen dalam pengembangan hjauan pakan maka  aspek kelembagaan harus memiliki kapasitas untuk perjuangan dan memelihara eksistensi tumbuhan pakan. Kegiatan tersebut diimplementasikan dalam bentuk Kongres I Hmpunan Ilmuwan Tumbuhan Pakan Indonesia (HITPI).