Seminar Nasional VII HITPI dan Ulang Tahun HITPI ke 8

Seminar Nasional VII HITPI diselenggarakan di Banjarmasin pada tanggal 5-6 November 2018.  Seminar tahun ini memiliki topik "Hijauan Pakan Eksis Industri Peternakan Maju". Seminar diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian UNISKA dan dilaksanakan di Hotel Tree Park Banjarmasin. .  Seminar dihadiri lebih dari 150 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, utusan lembaga penelitian dan instansi pemerintah.  Direktur Pakan Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan tim hadir dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dari hari pertama hingga terakhir.  

Acara  ini berlangsung lancar dan penuh dengan kehangatan. Pada tanggal 5 November 2018, pembukaan seminar dilakukan oleh Rektor UNISKA dan peserta seminar mendapatkan ucapan selamat datang berupa tari-tarian khas daerah Banjarmasin.  Pemaparan makalah pada sesi paralel terbagi dalam empat kelas, yaitu: Hijauan Pakan; Nutrisi Ruminansia dan Sosial Ekonomi; Agrostologi; Serta Pasture, Hijauan Pakan dan Agrostologi.  Pada sesi paralel dipresentasikan sekitar 60 makalah yang berasal dari berbagai PTN/PTS dan Lembaga Penelitian Peternakan di Indonesia. 

Pada hari kedua, peserta diajak ke pasar apung di sepanjang jalur anak sungai Mahakam.  Acara diakhiri dengan makan tumpeng bersama yang menandai HITPI berumur 8 tahun.