Tentang Kami

HIMPUNAN ILMUWAN TUMBUHAN PAKANINDONESIA yang selanjutnya disingkat HITPI dalam bahasa Inggris disebut Indonesian Forage Scientists Association (IFSA) dideklarasikan pada tanggal 5 Nopember 2010 di Universitas Udayana Bali dan secara formal ditetapkan dalam Kongres HITPI I pada hari Selasa, tanggal 18 September 2012 di Denpasar, Bali.

HITPI bersifat independen, nirlaba, tidak berpolitik praktis, dan non-partisan Berdirinya HITPI dengan tujuan memajukan Ipteks dan meningkatkan kiprah ilmuwan nasional di bidang tumbuhan pakan, sehingga memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi perbaikan perekonomian masyarakat dan daya saing peternak Indonesia serta menjaga kelestarian lingkungan hidup guna mencapai kesejahteraan masyarakat dan kejayaan bangsa Indonesia.

Karakteristik HITPI adalah Menjadi peneliti, dan pengembang Ipteks yang tekun, kreatif dan inovatif di bidang tumbuhan pakan, berbasis ilmiah, berlatar belakang dan tertarik dalam bidang tumbuhan pakan, bersikap profesional, objektif, inklusif, dan visioner,  berorientasi lingkungan dan produktivitas dan berjiwa nasionalis dan berwawasan global.

Sejarah HITPI

Berawal dari keinginan untuk membentuk sebuah lembaga ilmuwan dan praktisi tumbuhan pakan, setealah melalui proses panjang dan dimatangkan lagi dalam penyelengaraan Seminar dan Lokakarya Nasional Tumbuhan Pakan pada  5 Nopember 2010, maka Konggres pertama digelar di Bali pada tanggal 18 September 2012 dan sepakat untuk pembentukan Himpunan Ilmuwan Tumbuhan Pakan Indonesia (HITPI)

Himpunan Ilmuwan  Tumbuhan Pakan Indonesia  adalah organisasi kelimuan dan keilmiahan, beranggotakan ilmuwan dan praktisi yang memiliki komitmen dalam pengembangan Ipteks tumbuhan pakan di Indonesia dalam rangka turut mewujudkan peternakan tangguh dan lingkungan lestari sesuai cita-cita bangsa Indonesia. 

Tujuan

HITPI didirikan unutk memajukan ipteks dan meningkatkan kiprah ilmuwan nasional di bidang tumbuhan pakan, sehingga memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung  bagi perbaikan perekonomian masyarakat dan daya saing peternak Indonesia serta menjaga kelestarian lingkungan hidup guna mencapai kesejahteraan msayarakat dan kejayaan bangsa. 

Struktur Organisasi HITPI

Susunan Pengurus

Ketua Umum : Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, MSc (Iinstitut Pertanian Bogor)

Sekretaris    : Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, M.S. (Universitas Udayana)

Pengurus Wilayah (PW):

  1. PW Sumatera : Rahmi Dianita (Universitas Jambi)
  2. PW Jawa-Madura : Prof. Dr. Ir. Dwi Retno Lukiwati MS. (Universitas Diponegoro)
  3. PW Kalimantan : Suharlina (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Kutai Timur)
  4. PW Sulawesi : Prof. Dr. Ir. Charles L. Kaunang, MS (Universitas Sam Ratulangi)
  5. PW Bali-Nusra : Prof. Dr. Ir. I Wayan Suarna, MS., (Universitas Udayana) 
  6. PW Papua: Ir. Diana Sawen (Universitas Negeri Papua).

Keanggotaan

Keanggotaan HITPI adalah keanggotaan aktif dan terbuka. Anggota HITPI adalah ilmuwan yang beraktivitas dalam kegiatan riset, pengembangan jaringan ilmiah, dan diseminasi Ipteks di bidang tumbuhan pakan.  Status keanggotaan terdiri dari Anggota Biasa, Anggota Luar Biasa, Anggota Kehormatan dan Dewan Pembina.

Pendaftaran Anggota dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran anggota (download), melampirkan pas foto  berwarna, membayar iuran tahunan anggota HITPI termasuk pembuatan kartu anggota Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah).  

Isian formulir dikirim ke e-mail sekretariat: trenabali@yahoo.com

Pembayaran dikirim ke Bank BNI Kantor Cabang Urama Renon, Denpasar, nomor rekening 0108358691 atas nama A.A.Ayu Sri Trisnadewi.

 

 

Ruang lingkup kegiatan HITPI meliputi:

  1. Menghimpun potensi ilmuwan tumbuhan pakan dalam pengembangan Ipteks dibidang yang relevan dengan keahliannya.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan serta diseminasi hasil Ipteks tumbuhan pakan
  3. Membangun jejaring dan kerjasama dengan pemangku kepentingan yang memiliki komitmen dalam pengembangan Ipteks terkait bidang tumbuhan pakan
  4. Menyelenggarakan sarana pertukaran informasi ilmiah baik dalam lingkup nasional maupun internasional berupa pertemuan ilmiah maupun penerbitan publikasi ilmiah.
  5. Memberi penghargaan kepada ilmuwan yang berkontribusi secara signifikan bagi pengembangan tumbuhan pakan
  6. Membantu pemerintah dalam melahirkan kebijakan pendidikan, riset, dan alih teknologi yang kondusif bagi perkembangan peternakan dan kelestarian lingkungan di Indonesia

Dalam mewujudkan tujuan berdasarkan ruang lingkup kegiatan Himpunan Ilmuwan Tumbuhan Pakan Indonesia mencanangkan program kerja dalam rangka berpartisipasi dalam peningkatan dan pengembangan peternakan di Indonesia.

  • Publikasi Jurnal Pastura
  • Seminar Nasional
  • Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Hijauan  Makanan Ternak
  • Pengembangan Inovasi 
  • Agenda Riset Hijauan Makanan Ternak Nasional