SEMINAR NASIONAL II HITPI: Hijauan Pakan Lokal Dalam Sistem Integrasi Untuk Ketahanan Pakan dan Ekonomi Peternakan Nasional

SEMINAR NASIONAL II HIMPUNAN ILMUWAN TUMBUHAN PAKAN INDONESIA (HITPI)
Denpasar, 28 – 29 Juni 2013

Sebuah pertemuan akbar ilmuwan tumbuhan pakan yang dikemas dalam sebuah semnas bertema “Hijauan Pakan Lokal dalam Sistem Integrasi untuk Ketahanan Pakan dan Ekonomi Peternakan Nasional” telah digelar dengan baik dan lancar pada tanggal 28 Juni 2013 dan dilanjutkan dengan kegiatan field trip pada tanggal 29 Juni 2013. Berbagai informasi dan pemikiran baru muncul selama kegiatan berlangsung. Suasana seminar yang hangat dan sangat kondusip diharapkan dapat terus ditumbuhkembangkan untuk kemajuan Ipteks tumbuhan pakan dan memberikan inspirasi untuk melahirkan pusat-pusat riset tumbuhan pakan. Semnas merupakan komitmen HITPI dalam rangka meramu dan mencermati pemikiran tentang keberagaman jenis dan manfaat tumbuhan pakan serta menggali potensi untuk menjadikan tumbuhan pakan sebagai komuditas yang memiliki keunggulan kompetitif.

Seminar tumbuhan pakan tropik yang dilaksanakan bertujuan untuk saling tukar informasi tentang pengembangan Ipteks Tanaman Pakan Tropik di Indonesia antar para pakar, peneliti, dan pemangku kepentingan lainnya. Seminar telah membahas sekitar enam puluh makalah yang berasal dari berbagai perguruan tinggi serta institusi yang terkait dengan dunia peternakan di seluruh Indonesia. Seminar telah berhasil meningkatkan sinergisme berbagai stakeholders dalam pengembangan tumbuhan pakan dalam rangka membangun paradigma baru eksistensi tumbuhan pakan.