Seminar Nasional IV HITPI

Seminar Nasional IV HITPI diselenggarakan di Purwokerto pada tanggal 18 - 20 Oktober 2015.  Panitia penyelenggara seminar merupakan anggota HITPI dari Universitas Soedirman.  Dalam kesempatan ini hadir Direktur Jenderal PKH, Direktur Pakan, Dr.Ir. Nasrullah, M.Sc (Program Kegiatan HPT Direktorat Pakan); Prof. Dr. Ir. Luki Abdullah, M.Agr (Ketua HITPI); Prof. Zaenal Aznam Mohd Jelan (University Putra Malaysia) dan Ir. Dwi Rahayu Lestantini, M.Si (Pemerhati Integrasi Sapi-sawit).  Kegiatan seminar juga dihadiri oleh staf peneliti dari berbagai lembaga pemerintah yang bergerak dalam bidang hijauan pakan.

Dalam seminar ini dipaparkan sejumlah makalah hasil penelitian mengenai berbagai aspek hijauan pakan, dari keragaman hijauan pakan lokal, budidaya, sistem produksi, hingga agribisnis produk hijauan pakan terkini.  Diskusi antara peserta menghangat membahas mengenai strategi pengembangan hijauan pakan lokal berkualitas untuk peningkatan mutu ternak. Beberapa permasalahan klasik seperti variasi iklim, curah hujan, hama hingga pengembangan teknologi budidaya dikupas dari berbagai sudut pandang.

Seminar dilengkapi dengan tur ke BBPTU Sapi Perah Baturraden. BBPTU HPT Baturraden yang letaknya di desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Perjalanan sekitar satu jam nyaris tak terasa karena indahnya panorama alam di sepanjang perjalanan.  Di lokasi, peserta seminar meninjau padang penggembalaan seluas 15 ha, kondisi ternak dan beberapa fasilitas yang tersedia.

Diulas oleh Nur Rochmah Kumalasari

 

Image: